DSC00311

Cara Menghilangkan Noda di Celana Jeans

Semahal apapun harga Celana Jeans yang kita miliki, jika ada bagian yang berhias noda, nilai dari celana itu pasti akan turun, dan sudah barang tentu akan menurunkan pula kualitas performance yang kita tampilkan. Untuk itulah, bersihkan secepatnya noda yang menghiasi Celana Jeans dan jangan dibiarkan terlalu lama, karena semakin lama noda tersebut menempel, maka akan semakin sulit pula untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan Celana Jeans dari berbagai macam noda, secara umum bisa dilakukan dengan merendamnya pada air dingin yang dicampur dengan detergen lembut. Jika noda tersebut tetap membandel, gunakan pembersih yang lebih kuat seperti cuka putih atau dry-cleaning.

Selain cara tersebut, ada beberapa cara khusus yang dapat dipakai untuk membersihkan Celana Jeans, beberapa diantaranya adalah:

  • Jika terkena noda cat, pastikan apakah cat tersebut berbasis air atau berbasis minyak, maksudnya untuk memperbanyak volume cat apakah dicampur dengan air atau dengan minyak. Jika cat berbasis air, gunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air dan gunakan untuk membersihkan noda, begitu juga dengan cat yang berbasis minyak, gunakan lap yang dibasahi minyak untuk memperbanyak cat tersebut atau bisa juga dengan bensin dan pakailah untuk membersihkan celana. Lakukan secepat mungkin, karena semakin lama cat tersebut menempel pada kain denim, akan semakin sulit untuk dibersihkan.
  • Jika noda darah yang mengotori Celana Jeans, bersihkan dengan kain putih yang telah direndam ke dalam air dingin (tidak boleh air hangat/panas). Lakukan pembersihan secara berulang-ulang sampai celana benar-benar bersih, dan keringkan area yang terkena noda tersebut dengan menggunakan kain yang mudah menyerap air seperti kain handuk. Jika masih saja ada noda darah yang sulit dibersihkan (biasanya darah yang telah kering), gunakan air yang telah dicampur dengan ammonia untuk membersihkan sisa noda darah tersebut.
  • Untuk noda makanan dan minyak dapat dibersihkan dengan menggunakan detergen lembut yang telah dicampur dengan air suam-suam kuku.
  • Membersihkan Celana Jeans yang terkena noda krayon, permen karet atau lilin, bisa dilakukan dengan alat pengerok, seperti pisau mentega, atau alat lainnya yang datar dan tajam. Setelah selesai, ambil es batu dan gosok-gosokkan pada area yang terkena noda secara perlahan.
  • Celana Jeans yang terkena noda minuman, buah serta coklat bisa dibersihkan dengan menggunakan detergen lembut yang dicampur dengan air hangat. Jika masih ada noda yang belum hilang, campur larutan tersebut dengan cuka putih sebanyak 3 sendok teh, dan ulangi lagi membersihkan area yang ternoda.
  • Noda tinta pada celana jeans bisa dibersihkan dengan bantuan larutan pembersih, alkohol, acetanol, turpentine, atau hairspray. Setelah dibersihkan dengan salah satu dari larutan tersebut, lanjutkan dengan menguceknya secara perlahan menggunakan campuran detergen lembut dengan air dingin.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan noda pada Celana Jeans.


Dec 27, 2014 | Category: Blog | Comments: 2 | Tags: , , ,

 

2 Responses to “Cara Menghilangkan Noda di Celana Jeans”

  1. Tasya

    kalo cara ngilangin noda bekas muntah pasca mabuk di jeans gmn ya? jadi kemarin temen saya pinjem kemeja jeans saya untuk party, setelah seminggu dikembalikan ke saya, saya liat ada noda yang gabisa hilang sama sekali 🙁 padahal sudah dia cuci dan udah saya coba cuci juga sekali lagi. terus akhirnya dia bilang itu kena noda muntah dia waktu mabuk :”””””( sedihhhhh itu 11nya kemeja jeans yang saya punya soalnya :””””””(

  2. giga

    udah dilakukan cara trsb diatas tapi noda tdk hilang


Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *